-->

Cara menanam kentang di polybag

Menanam kentang di polybag

Menanam kentang di polybag jarang sekali di lakukan orang, namun jika anda tertarik menanam kentang dalam polybag bisa anda lakukan seperti ini. 
Lahan yang sempit bukanlah sebuah ukuran untuk anda menanam kentang, karena itu bisa anda gunakan karung atau polybag sebagai media tanam untuk budidaya kentang di lahan sempit. Untuk menanam kentang di polybag bisa anda lakukan dengan dua cara yaitu :
1. Menanam kentang secara konvensional ( Dalam Pemupukan dan pengendalian hama )
2. Menanam kentang secara organik.


  • Menanam kentang secara konvensional

Budidaya kentang di polybag tidak jauh beda perlakuannnya dengan kita menanam kentang di lahan luas, Baik dari segi pemupukan maupun pengendalian hama. Untuk budidaya kentang di polybag dengan sistem konvensional sudah tentu kita menggunakan pupuk kimia yang biasa kita dapatkana di toko pertanian. Untuk luasan lahan 1 hektar di perlukan 20-50 ton pupuk kandang  dan NPK sebanyak 350 kg /hektar sebagai pupuk dasar. Sedangkan untuk pupuk susulannya di bagi menjadi 2 tahap . Untuk pupuk susulan pertama dilakukan setelah tanaman kentang umur 21 HST diberikan urea/ZA 150 kg/Ha, 100 kg KCL, dan 150 kg Phonska/ Ha. Kemudian pupuk susulan kedua diberikan saat tanaman kentang berumur 45 hari setelah tanam , pupuk yang diberikan adalah sebagai berikut 150kg Pupuk ZA/urea, 150 kg pupuk KCL, dan 150 kg pupuk phonska. Untuk luasan satu hektar kurang lebih ada 30.000 tanaman kentang yang di tanam. Dari situ kita bisa konversikan berapa sih pupuk yang di perlukan pertanaman kentang jika kita menanam di polybag . 

Kebutuhan pupuk untuk tanaman kentang di polybag
Dari data diatas kita bisa konversikan kebutuhan pupuk untuk tanaman kentang dalam 1 polybag adalah sebagai berikut

Pupuk dasar
Untuk pupuk dasar pupuk kandang dan pupuk NPK yang diperlukan untuk budidaya kentang di polybag pertanaman kentang adalah sebagai berikut :
Pupuk kandang yang diperlukan kurang lebih 1-1,5 kg pupuk kandang

Pupuk Susulan 
Sedangkan untuk pupuk susulannya adalah sebagai berikut
Pupuk susulan untuk tanaman kentang berumur 21 HST : Za / Urea 5 gram pertanaman kentang, KCL 3,33 gram per tanaman kentang polybag, dan Pupuk phonska sebanyak 5 gram per tanaman kentang polybag
Pupuk susulan kedua yang diberikan saat kentang berumur 45 HST adalah untuk pupuk ZA, KCL dan Phonska masing-masing diberikan sebanyak 5 gram per tanaman kentang. 


  • Menanam kentang di polybag secara organik 

Untuk menanam kentang secara organik di polybag untuk pupuk dasar hanya diperlukan pupuk kandang saja, akan tetapi ada baiknya anda campur dengan bokashi kalau ada. Jika tidak ada cukup pupuk kandang saja. Pemberian pupuk kandang untuk tanaman kentang secara organik akan jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan penanaman kentang secara konvensional. Pemberian pupuknya bisa ada berikan 2 kali lipat ( 2 - 3 kg ) pupuk kandang pertanaman. 
Untuk pupuk susulan bisa anda beli di toko pertanian berupa pupuk organik, Baca aturan pakainya dan usahakan dosis pemberian pupuk tidak melebihi anjuran.
Cara membuat media tanam yang baik bisa anda baca disini :

Syarat Media Tanam yang baik untuk tanaman organik


Persiapan Bibit kentang
Bibit kentang diambil dari kentang yang telah kita simpan selama 3,5 bulan dimana kentang-kentang mulai mengeluarkan tunas dengan panjang 2-3 cm dan terdapat 3-5 tunas. Pilihlah bibit kentang yang sehat dan padat.

Penanaman kentang
Setelah Meida tanam polybag berukuran 50x80 cm dan bibit kentang sudah siap,langkah selanjutnya adalah kita menanam kentang dengan melubangi media tanam sedalam 5-7 cm kemudian masukkan bibit kentang dan tutup dengan tanah.

Pemeliharaan tanaman kentang polybag
Untuk pemeliharaan kentang dalam polybag jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan kita menanam kentang di area luas yang mana gulma-gulma cepat tumbuh serta penyebaran penyakit cepat. Sedangkan untuk di polybag penyebaran penyakit yang biasanya menyebar melalui air jauh lebih kecil. Bersihkan polybag jika ada gulma atau rumput yang tumbuh karena itu akan mengganggu pertumbuhan kentang. Berikan air secukupnya bila keadaan media tanam kering.
Pemupukkan dilakukan lagi setelah tanaman berumur 21 dan 45 hari setelah tanam. 

Panen kentang di polybag
Pada usia 3-4 bulan biasanya harus umbi dipanen. Panen umbi harus dilakukan satu minggu setelah tanaman telah semua mati, ditandai dengan kekeringan pada daun dan ujung batang dan kulit umbi yang kuat.
Cara panen kentang dalam polybag cukup mudah, cukup robek polybag  dari atas ke bawah dengan menggunakan pisau. Penyobekan dilakukan dengan hati-hati agar tidak memotong umbi kentang. 
Selamat mencoba kawan 
LihatTutupKomentar