-->

Tips merawat burung kakatua saat rontok bulu

Rontok bulu atau mabung pada burung kakatua kerap terjadi, kadang kakatua suka berpilaku mencabuti bulunya sendiri hingga semakin sedikit. Pertanyaannya adalah 

  1. Berapa lama normalnya kakatua mengalami rontok bulu hingga tumbuh bulu kembali ?
  2. Bagaimana cara merawatnya baik pakan atau perlakuan yang tepat di saat kakatua rontok bulu ?
  3. Pakan berupa jagung pun hanya dipatuk-patuk lalu dimuntahkan lagi. Apakah itu tanda stres? Bagaimana mengatasinya? Apakah perlu obat tertentu?



Tips merawat burung Mabung

Berikut ini tips atau cara merawat burung kakatua yang mengalami rontok bulu atau mabung 

Burung kakaktua mengalami rontok bulu atau mabung alias molting selama 7—9 bulan. Biasanya saat mabung, bulu rontok tidak sampai habis. Pertumbuhan bulu baru bertahap seperti menyulam, muncul helai per helai.
    
Perawatan untuk kakaktua yang sedang rontok bulu diberi pakan dan minum yang cukup. Agar lebih maksimal, burung sebaiknya diberi Bird Molt Pre—suplemen berisi vitamin dan mineral yang diracik khusus untuk memicu perontokan bulu sekaligus menumbuhkan bulu baru. Saat pertumbuhan bulu, berikan asupan Bird Molt Post—suplemen penunjang pertumbuhan bulu baru. Caranya, teteskan suplemen cair itu pada pakan.

Kebiasaan kakatua mencabuti bulu dan makan jagung yang dimuntahkan lagi menunjukkan burung kakaktua stres. Sebaiknya burung diberi pakan bervariasi. Selain jagung, kuaci, biji bunga matahari, kacang, serta buah-buahan seperti apel, pisang, dan pepaya secara selang-seling. Untuk mengurangi stres, kakaktua harus diajak berinteraksi dengan bicara atau bermain karena sifat burung itu aktif, sehingga burung tidak merasa bosan. 


LihatTutupKomentar