-->

Sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit

Sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit

Sesempit apapun lahan yang anda punya bisa anda tanami. Bukan hanya menyalurkan hobi, lahan sempit yang anda punya menjadikan nilai tersendiri terutama dari segi estetika. Berikut ini salah satu contoh cara bertanam di lahan sempit

Bertanam di depan rumah 
Di daerah perkotaan, halaman rumah yang luas menjadi sebuah kendala, walaupun ada sebagian dari mereka menggunakan halaman untuk dijadikan sesuatu yang lebih berguna,bukan untuk menyalurkan hobi bertanam. Meski demikian tidak lagi menjadi kendala bila anda ingin menyalurkan hobi bertanam atau sekedar memberi nuansa hijau depan rumah anda sehingga rumah anda kelihatan asri. Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan bertanam bertingkat seperti pada gambar diatas, hanya membutuhkan kurang lebih 50cm saja anda bisa menanam dengan cara bertingkat tersebut. 

Baca Juga : Enam model Aquaponik untuk lahan sempit


Prinsip pola tanam bertingkat
Pada prinsipnya pola tanam bertingkat seperti gambar diatas adalah mengambil dari sistem hidroponik bertingkat, cuma yang membedakannya adalah dalam sistem penyiraman. Di sini penyiraman yg dilakukan adalah penyiraman biasa saja seperti kita menyiram tanaman, sedangkan pupuk yang digunakan bukanlah pupuk untuk hidroponik melainkan pupuk NPK slow release dengan kandungan Nitrogen lebih tinggi dibandinhkan P dan K . itu aja sih prinsip dasarnya. Atau kalau mau, bisa juga anda menggunakan pupuk daun dan lalu kan pemupukan sesuai anjuran tabel. 

Pebuatan pola tanam beringkat
Cara membuat pola tanam bertingkat ini ada beberapa bahan yang di perlukan. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah
  • Pipa paralon diameter kurang lebih 20cm
  • Gelas air mineral 

Itu saja bahan utamanya, sedangkan untuk benih anda bisa sesuaikan dengan keinginan, mau ditanam apa nantinya. 

Cara membuatnya 
Lubangi pipa paralon tidak melebihi bibir gelas air mineral. Fungsi lubang hanya sebagai penyangga gelas plastik. Jarak tanam bisa anda sesuaikan sendiri yang penting antara ujung daun yang satu dengan yang lainnya tidak menempel. Sebelum gelas plastik di isi tanah, lubangi bagian bawah gelas tersebut sebagai drainase kelebihan air setelah penyiraman.

Itulah ulasan mengenai sistem tanam bertingkat untuk lahan sempit. semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar