-->

Cara menanam lidah buaya

Cara menanam lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang banyak manfaatnya baik untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, bisul, wasir dan lain-lain. Selain itu lidah buaya ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan penyubur rambut. Terlebih lagi sekarang ini sedang lebih dikembangan pengolahan lidah buaya untuk dijadikan minuman berkhasiat. Begitu banyak manfaat serta sebagai pemanis menghiasi halaman rumah anda, timbul hasrat untuk menanamnya. Namun bagaimana cara menanam lidah buaya yang baik agar subur dan indah dipandang serta dapat kita petik hasilnya untuk sekedar dijadikan minuman atau menyuburkan rambut. Sebelum mengarah ke budidaya lidah buaya, alangkah baik kita mengetahui lagi lebih dalam mengenai manfaat lidah buaya agar kita lebih tertarik lagi untuk menanamnya. Terlebih lagi kita mengetahui karakter lidah buaya itu sendiri dilihat dari morfologinya. Pada artikel ini saya akan coba rangkum dari berbagai sumber tentang lidah buaya antara lain : 
  1. Klasifikasi dan morfologi Tanaman hias lidah buaya
  2. Manfaat-manfaat lidah buaya
  3. Cara menanam lidah buaya agar tumbuh subur 

Tiga itu saja yang akan kita bahas satu persatu agar kita lebih paham lagi mengenai seluk beluk lidah buaya.

Klasifikasi dan morfologi tanaman lidah buaya ( Aloe vera )

Klasifikasi dan morfologi ini nantinya akan berkaitan erat dengan cara kita menanam lidah buaya. Jangan sampai karena kita tahuan kita, hasrat hati ingin menanam lidah buaya tapi yang ditanam malah lidah mertua, hehe. Namun saya yakin bahwa semua orang sudah mengenal tanaman lidah buaya, klasifikasi dan morfologi ini hanya sekedar untuk mengingat lagi perihal tanaman yang kaya manfaat ini. 
 Klasifikasi tanaman lidah buaya menurut ( Yamaguchi, 1983 ) adalah sebagai berikut :
    Kingdom : Plantae
    Subkingdom : Tracheobionta
    Super Divisi : Spermatophyta
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Liliopsida
    Ordo : Asparagales
    Famili : Asphodelaceae
    Genus : Aloe
    Spesies : Aloe vera L

Morfologi lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini termasuk tanaman tahunan dengan ukuran batang yang relatif kecil dengan panjang antara 3 – 5 cm saja. Batang berada di bawah daun dan kadang kita sulit membedakannya, Kebanyakan dari kita menyangka bahwa batang dari tanaman lidah buaya ini adalah daun hijau yang berdiri keatas seperti lidah. Tetapi bukanlah demikian, batang tanaman lidah buaya ini berbentuk bulat dan berwarna putih kehitaman berada diantara daun dan akar tanaman

Daun
Daun lidah buaya berada dibagian atas tanaman, berwarna hijau dengan bintik-bintik putih yang menyebar dalam daun. Sedangkan tepi daun terlihat seperti berduri tapi tidak tajam. Jika dilihat sekilas nampa seperti buaya. Berbeda dengan daun pada umumnya yang tipis dan berserat, daun kidah buaya cukup tebal dimana bagian dalam dari daunnya mengandung seperti zat lilin serta getah berlendir yang berfungsi sebagai cadangan makanan hasil proses fotosintesis. Ketebalan daun berbeda-beda tergantung umur lidah buaya itu sendiri. Semakin lama semakin tebal daun yang di hasilkannya dan itu juga tergantung akan pertumbuhannya juga . Pertumbuhan yang baik akan menghasilkan tanaman lidah buaya yang sehat dengan tebal. Daun inilah yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti jerawat, keriput, bisul dan lain-lain

Bunga 
Bunga akan mulai kelihatan saat tanaman ini berusia tua. Bunga berbentuk seperti terompet dengan waarna orange. Bunga tersebut kadang bisa di jadikan untuk perbanyakan tanaman melalui benih. 

Akar
Akar tanaman lidah buaya berada dibagian paling bawah dengan cara menopang ketanah serta berfungi untuk menyalurkan makanan melalui batang ke daun untuk proses fotosintes. Ukuran akar relatif kecil, walau kecil tanaman ini bisa berdiri dengan kokoh
Bunga yang satu ini memiliki akar serabut yang tergolong sangat pendek, selain berfungsi untuk mencari makanan dan air juga berfungsi untuk mengokohkan daunnya.

Cara menanam lidah buaya 

Ada 3 cara menanam lidah buaya yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara stek batang, dengan biji atau pemisahan anakan lidah buaya. Dari ketiga cara ini yang paling mudah dalam menanam lidah buaya adalah dengan pemisahan anakan. Jadi kita fokuskan untuk menanam lidah buaya dengan cara pemisahan anakan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanam membudidayakan lidah buaya agar tumbuh subur dan cepat besar. Cara menanam lidah buaya yang benar akan membarikan hasil yang memuaskan pula saat panen nantinya. Ada 5 faktor penting yang harus diperhatikan dalam menanam lidah buaya antara lain : Penyiapan lahan, Pembibitan lidah buaya, penanaman, serta perawatan dan pemeliharaan 

Pesiapan lahan
Lahan yang akan digunakan untuk menanam lidah buaya haruslah diolah dahulu dengan cara dibajak atau dicangkul agar tanah menjadi gembur. Rumput-rumput dan tanaman pengganggu lainnya dibersihkan dan dibakar. Buatlah bedengan serta parit-parit untuk memudahkan drainase serta membuang kelebihan air jika musim hujan tiba. Buatlah ukuran bedengan 1 x 2 meter dengan tinggi bedengan antara 30 – 40 cm. Untuk panjang bedengan bisa disesuaikan dengan panjang atau lebar lahan itu sendiri. Lubangi bedengan untuk tanaman nantinya dan diberi pupuk kandang yang sudah matang pada lubang tanam antara 1-2 kg

Pembibitan tanaman lidah buaya
Pembibitan dilakukan dengan cara pemisahan anakan dari tanaman induknya. Pembibitan secara vegetatif ini umumnya dilakukan oleh petani lidah buaya karena tidak memakan waktu yang banyak saat penanaman bibit dilahan. Pisahkan anakan lidah buaya dari induknya dengan cara di congkel secara hati-hati agar akarnya tidak teputus. Tanam anakan yang didapat di polybag selama 3-5 bulan dan jangan langsung dipindahkan ke lahan. Setelah terjadi proses pertumbuhan di polybag kurang lebih 3 bulanan, bisa anda pindahkan ke lahan tanam yang sudah diolah tadi. Usahakan dalam pengolahan tanah disesuai dengan waktu bibit tanaman siap tanam. Artinya jika pengolahan tanah membutuhkan waktu selama satu bulan, kemudian misalnya bibit mulai siap tanam bulan februari, maka kita melakukan pengolahan tanah dibulan januari. Hal ini bertujuan agar tanaman bebas dari tanaman pengganggu atau gulma. Sedangkan jika kita mengolah tanah pada bulan desember dan selesai pada bulan januari, sedangkan waktu tanam bulan februari, yang terjadi rumput dan gulma sudah mulai tumbuh dan ini sangat merugikan bagi pertumbuhan lidah buaya karena persaingan makanan.

Penanaman Lidah Buaya di Lahan
Setelah tanaman sudah siap tanam, barulah dipindahkan ke lahan. Buka polybag dengan cara di silet secara hati-hati agar tanahnya tidak pecah dan akar nya tidak rusak. Masukkan bibit lidah buaya ke dalam lubang tanam beserta tanah yang masih menempel di tanaman. 

Perawatan dan Pemeliharaan tanaman lidah buaya
Perawatan dan pemeliharaan wajib dilakukan agar tanaman lidah buaya tumbuh subur. Pemeliharaan tanaman meliputi penyiangan ( membersihkan gulma yang berada diarea tanaman yang biasa jadi media hama dan penyakit serta sebagai pesaing dalam memperoleh sumber makanan bagi pertumbuhan lidah buaya. Segeralah ganti dengan bibit baru jika ada tanaman yang mati. Penggantian bibit baru hanya bisa dilakukan saat umur tanaman 1-4 minggu setelah tanam. Jika lebih dari itu sebaiknya tanaman dicabut dan dibakar agar penyakit yang ada pada tanaman sakit tidak menyebar. Berilah kapur atu furadan pada lubang tanah yang dicabut tadi. Berikan pupuk susulan berupa urea dan pupuk kandang setiap sebulan sekali dengan selang-seling. Sesekali diberikan pula pupuk NPK 

Pemanenan Lidah Buaya
Lidah buaya bisa dipanen setelah umur tanaman mencapai 12-18 bulan setelah tanam. Biasanya petani lidah buaya memanennya tidak serentak. Setiap sebulan sekali panen dilakukan. Lakukanlah pemanenan pada pagi hari atau sore hari .

Berikut ini saya sertakan juga video mengenai cara menanam lidah buaya ( Budidaya lidah buaya ) 


Manfaat Lidah buaya

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya sangat banyak sekali baik untuk pengobatan maupun kosmetik . Tanaman yang relatif mudah tumbuh dan ini walaupun sedikit pemeliharaan bahkan tidak ada perawatan sama sekali lidah buaya akan tetap tumbuh .
Daunnya berserat tebal kaya lengket gel penyembuhan yang kaya antioksidan, sifat antibakteri, antijamur dan anti-inflamasi.
Aloe vera sangat berguna bermanfaat untuk pembersihan udara .
Tanaman ini kaya akan vitamin, termasuk A, C, E, folic acid, B1, B2, B3, B6, dan salah satu dari sejumlah kecil tanaman yang mengandung vitamin B12, yang membantu otak dan sistem saraf. Selain dari itu lidah buaya pun kaya akan mineral, selenium, seng,sodium, zat besi, kalium,asam lemak dan asam amino. 
Tanaman ini dikenal untuk membantu luka, luka dan lecet menyembuhkan cepat dan memiliki sifat anti penuaan yang menakjubkan menjadikan kulit wajah lebih kenyal dan serasa muda lagi. Adapun manfaat lain dari lidah buaya terbagi menjadi 2 yaitu manfaat secara ekternal ( Luar tubuh ) dan secara internal ( bagian dalam tubuh ) 

Manfaat eksternal menggunakan aloe vera:

  • Menghilangkan keriput diwajah, luka dan lecet
  • Lidah buaya dikenal sebagai pelembab yang sangat efektif, menjadikan kulit wajah kenyal dan berseri-seri 
  • Memberikan kesejukan bagi anda yan terbakar matahari
  • Lidah buaya pun dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, eksim, bisul dan lain-lainya
  • Sangat efektif mengobati gigitan serangga
  • Bila dijadikan kondisioner untuk rambut, menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur selain itu pula dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut menjadi lebih berkilau

Manfaat lidah buaya secara internal 

  • Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik bagi anda yang mengalami peradangan pada sendi .Minum jus lidah buaya selama dua minggu berturut-turut secara signifikan mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Untuk masalah pencernaan, lidah buaya dapat memperlancar buang air besar serta akan meningkatkan fungsi saluran kemih anda
  • Banyak zat yang terkandung dalam lidah buaya diayakini dapat memberikan imun tubuh sehingga tkita tidak mudah sakit saat perubahan cuaca
  • Menjadikan gusi sehat dan kesehatan mulut Anda akan meningkatkan.
  • Ini akan membantu untuk mengatur kadar glukosa darah Anda.

Jus ini berhasil mengurangi tingkat kolesterol dalam darah, membantu dengan kehilangan pound ekstra dan meningkatkan metabolisme.
Kondisi kardiovaskular Anda akan lebih baik dengan lidah buaya.
Namun Anda memutuskan untuk menggunakan tanaman ini, Anda dapat yakin bahwa itu akan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan Anda dan meninggalkan Anda baik eksternal dan internal sehat.

Cara menghilangkan varises dengan lidah buaya

Varises dapat menjadi masalah memalukan bagi kebanyakan orang dan juga dapat menjadi penyebab keprihatinan serius dalam kasus yang ekstrim. Beberapa penyebab dikenal varises. Para peneliti telah mampu mengajukan beberapa alasan di balik munculnya varises pada orang. Penyebab ini meliputi;
  • penuaan
  • masalah genetik
  • fluktuasi hormon
  • Kurangnya olahraga teratur
  • Akibat salah gerakan

Apapun penyebabnya akibat varises namun kita tidak perlu khawatir, berikut ini salah satu resep cara menghilangkan varises. Resep ini sangatlah sederhana dan anda bisa praktekkan dirumah. 
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 

Bahan;
  • cuka sari apel
  • Aloe vera - ½ cangkir
  • wortel cincang - ½ cangkir

Cara membuat obat alami hilangkan varises 

Untuk menghilangkan varises yang  meradang pada Anda lengan, kaki, paha, bahu atau bahkan rektum ikutilah petunjuk dibawah ini.
½ cangkir wortel cingcang dicampur dengan ½ cangkir lidah buaya lalu di blender. Tambahkan cuka apel dalam campuran tersebut dan lakukan blender ulang. Setelah bahan semua tercampur rata baru kita bisa gunakan untuk mengobati varises secara alami.
Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terkena varises, jika kaki Anda misalnya, Gosoklah secara merata campuran tersebut dengan cara digosok halus naik turun selama 30 menit. Setelah itu cuci bersih dengan air dingin. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik. Campuran ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah

Kesimpulan 

Bahwa lidah buaya sangat bermanfaat bagi tubuh kita baik secara internal maupun eksternal
Cara menanam lidah buaya sangat mudah. Dia akan tumbuh walaupun dengan pemilharaan dan perawatan seadanya.

LihatTutupKomentar