-->

Cara menanam bunga mawar yang benar

Cara menanam bunga mawar yang benar

Indahnya bunga mawar tak hanya dapat dinikmati didaerah dataran tinggi berhawa sejuk,tetapi didataran rendah pun bisa. Kuncinya adalah dalam memilih jenis harus disesuaikan sedangkan cara menanam bunga mawar tidak berbeda baik untuk dataran tinggi maupun dataran rendah. 
Akhir-akhir ini banyak bermunculan pedagang tanaman hias yang menawarkan berbagai jenis tanaman mawar yang di tanam dalam polibag. Warna-warni mawar yang elok seringkali memikat penggemarnya untuk memiliki dan menanamnya dihalaman rumah atau di dalam pot. Tetapi alangkah kecewanya bila kemudian tanaman berbunga elok itu tiba-tiba bunganya gugur, layu bahkan mati. Kalaupun hidup ternyata kualitas bunganya tidak sama dengan saat kita membeli di padagang bunga hias. Semua itu mungkin saj terjadi, karena tanpa di sadari tanaman itu sebenarnya berasal dari daerah berhawa sejuk dan kini ditanam di daerah dataran rendah yang panas. Lalu, timbul pertaanyaan : Apakah mungkin menanam mawar di dataran rendah seperti jakarta ?

Memilih jenis mawar yang cocok  

Tidak ada trik khusus menanam mawar di dataran rendah. “ bisa tidaknya tergantung pada jenis yang kita tanam. Karena memang ada jenis tertentu yang cocok ditanam di dataran rendah. Memang sebagian besar mawar tumbuh di dataran tinggi yang berhawa sejuk sampai dingin,  tetapi ada beberapa jenis yang memiliki daya adaptasi lebih luas sehingga bisa tumbuh baik di dataran rendah yang panas. Menurut Darliah, beberapa jenis mawar dari kelompok foribunda dan polyantha cocok ditanam di dataran rendah. Jenis mawar cimacan merah dan cimacan salem juga bisa tumbuh baik di dataran rendah, demikian juga mawar pagar ( mawar semak ) yang batangnya memanjang. Mawar yang ditanam di dataran rendah ini ada yang dimanfaatkan sebagai salah satu elemen taman, sehingga dikenal dengan sebutan mawar taman. Mawar taman secara morfologi bersosok pendek dan berlimbah bunganya, berwarna merah,putih atau pink.  Jenis mawar potong yang pernah dicoba di dataran rendah adalah mr.lincoln dan camelot, tetapi produksinya tidak sebagus di dataran tinggi. 

Kekecewaan penggemar tanaman hias saat menanam bunga mawar di dataran rendah sering terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang bibit mawar yang dibelinya. Menurut darliah, bibit mawar yang diperjualbelikan di daerah berhawa sejuk seperti lembang atau cibodas berasal dari bibir okulasi yang berbatang bawah mawar pagar. Jenis mawar pagar atau semak ini sangat mudah beradaptasi dan pertumbuhannya cepat. Kalau tidak hati-hati justru batang bawahlah yang akan berkembang. Tak heran bila musim berbunga berikutnya akan muncul bunga yang berbeda dari sebelumnya. Ada juga mawar yang hanya cocok ditanam di dataran tinggi tetapi karena pengetahuan  atau dengan kata lain ketidaktahuan, tanaman berbunga indah ini dibawa penggemarnya dan ditanam di dataran rendah. Akibatnya keindahan bunganya hanya bisa dinikmati sesaat, selanjutnya tanaman mengering dan mati.  Itulah sebabnya untuk menanam mawar di dataran rendah ada baiknya bila memilih jenis-jenis yang memang cocok untuk didataran rendah, sehingga tanaman dapat berbunga sesuai yang diinginkan. Mungkin ada pertanyaan jenis bunga mawar apa yang cocok di tanam di dataran rendah ?. Jawabannya seperti telah di paparkan diatas yaitu :
  1. Bunga mawar dari kelompok forbunda
  2. Jenis mawar cimacan merah dan salem
  3. Bunga mawar semak atau pagar

Dari keterangan diatas pula kita bisa memperkirakan kemungkin kenapa bunga mawar yang di tanam bunganya rontok, tanaman mawar saya layu dan mati. Jawabannya seperti yang dijelaskan diatas yaitu yang membuat semua itu terjadi salah satu faktornya adalah anda salah memilih varietas mawar yang cocok dengan tempat tinggal. Walaupun ada kemungkinan karena salah pemupukkan atau salah merawat tanaman mawar anda, akan tetapi gejala-gejala yang ditimbulkan tidak seperti demikian.

Menanam bunga mawar 

menanam bunga mawar
Tidak ada yang membedakan cara menanam di dataran tinggi dengan di dataran rendah yang penting tanahnya berdrainase baik,porous, banyak mengandung bahan organik, pH tanah diatas 6. “ Mawar masih bisa tumbuh baik pada pH 5,5 sedangkan dibawah pH 5,5 biasanya pertumbuhannya jelek. Cara menanam bunga mawar yang berasal dari bibit bisa diperoleh dengan cara setek, cangkok atau okulasi. Tetapi didak semua jenis dapat diperbanyak dengan 3 cara itu. Misalnya jenis-jenis mawar potong ( Tips agar bunga mawar segar lebih lama )sulit siperbanyak dengan cara stek batang, tetapi keberhasilan tinggi akan diperoleh bila diperbanyak dengan cara okulasi, okulasi mata berkayu ( chip budding ) atau sambungan. Sedangkan mawar taman dapat diperbanyak dengan setek,cangkok dan okulasi.
Di Indonesia perbanyakan mawar dengan okulasi menggunakan batang bawah yang jenisnya masih sangat terbatas. Lain halnya dengan yang dilakukan diluar negeri, Disana jenisnya sangat beragam dan batang bawahnya pun banyak pilihan. Sedangkan di Indonesia yang digunakan sebagai batang bawah selama ini hanya mawar semak/pagar yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Untuk perbanyakan tanaman bunga mawar baik okulasi,setek maupun cara dicangkok hendaklah cari tanaman yang sehat agar kualitas yang dihasilkan pun bagus.

Pemupukan,pemangkasan dan perawatan bunga mawar

Cara menanam bunga mawar agar tumbuh dengan baik bukan hanya di ditentukan oleh jenis bunga mawar yang ditanam serta tanah yang sesuai, tetapi juga kecukupan tanaman akan unsur hara dan perawatan lainnya seperti penyiraman dan pemangkasan merupakan faktor penting agar dalam menanam bunga mawar. Media yang berasal dari tanah podsolik merah ( seperti tanah-tanah dijakarta ) dapat diperbaiki dengan cara dicampur dengan kompos atau pupuk kandang dan sedikit pasir. Mawar yang ditanam sebagai tanaman tahunan memerlukan hara tambahan agar pertumbuhannya tetap bagus. Pupuk yang diberikan bisa pupuk tunggal seperti urea, sp36/ TSP dan KCL atau pupuk majemuk seperti NPK. Pemupukan dilakukan dua minggu sekali atau sebulan sekali. Pemupukan majemuk ( NPK ) bisa diberikan sebulan, dua bulan atau tiga bulan sekali.  Mawar yang di tanam dalam pot dipupuk  NPK sebanyak 5-7 gram/pot. Komposisi unsur pupuk disesuaikan dengan tahap pertumbuhan tanaman yang mana pada masa vegetatif pemberian pupuk kandungan n harus lebih banyak, sedangkan pada masa generatif ( pembungaan ) unsur P dan K yang lebih tinggi. Selain pupuk makro, tanaman juga butuh akan unsur hara mikro yang diberikan melalui daun. Pemberian pupuk daun sesuai aturan pada masing-masing labelnya. Penyiraman dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kondisi tanaman. Penyiraman berlebihan justru akan berdampak kurang baik bagi tanaman. Karena mempercepat pemadatan media tanam dan dapat menyebabkan busuk akar.

Manfaat pemangkasan bunga  mawar

bunga mawar
Pemangkasan diperlukan untuk membentuk tajuk tanaman tetap bagus, khususnya mawar yang ditanam dalam pot.  Juga pemangkasan bertujuan merangsang tumbuhnya tunas baru yang akan menghasilkan bunga.  Agar mawar terus menerus berbunga, segera setelah bunga rontok harus dibuang. Ranting-ranting yang kering dan tidak produktif juga dipangkas. Demikian juga tunas air yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan tanaman lainnya harus dipangkas pula. Jika kita menanam mawar dari okulasi harus diperhatikan batang bawahnya. Serungkali batang bawah pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan batang atasnya, sehingga pertumbuhan batang atas terhambat, bahkan bisa mengakibatkan mati. Bila itu terjadi , tunas-tunas yang tumbuh dari batang bawah sebaiknya segera dipangkas dan dibuang. Dengan perawatan yang rutin dan telaten, niscaya bunga mawar yang kita tanam akan menghasilkan bunga, baik yang ditanam dalam pot maupun sebagai salah satu elemen taman. 

Kami selipkan juga video cara menanam bunga mawar agar bisa anda merasakan dengan visualnya

LihatTutupKomentar