-->

Cara Ternak Maskoki di akuarium

Sebelum melakukan ternak ikan maskoki di akuarium ada baiknya anda mengetahui cara yang benar agar sukses dalam berternak maskoki. Beberapa pertanyaan yang sering muncul dari peternak pemula adalah sebagai berikut :
    Bagaimana cara membedakan kelamin maskoki?
    Bagaimana cara beternak maskoki di akuarium?
    Bagaimana cara mengatasi penyakit maskoki?
    Bagaimana cara menambah nafsu makannya?
    Kualitas air seperti apa yang dibutuhkan maskoki agar sukses diternak?

Cara Ternak Maskoki di akuarium

    
Maskoki jantan hanya mempunyai sebuah lubang genital yang terletak di bawah perut. Fungsinya ganda: alat reproduksi sekaligus sekresi. Pada betina, kedua lubang itu terpisah.
    
Siapkan akuarium dengan luas minimal 10 kali panjang ikan. Isikan air yang telah diaerasi dan diendapkan selama 1 minggu. Kemudian beri obat antiparasit seperti Methylene Blue 0,5 ppm. Sebagai tempat telur menempel berilah eceng gondok atau tali rafia yang disurai di akuarium. Usahakan akuarium mendapat sinar matahari pagi dan sore hari. Selanjutnya masukkan induk betina dan jantan siap pijah dengan perbandingan 1:2 atau 1:3. Betina siap pijah perutnya membuncit dan agak kenyal. Benjolan kecil warna putih di bagian sirip depan atau tutup insangnya, tanda jantan sudah matang kelamin.
    
Untuk pencegahan agar maskoki tidak terserang penyakit atau parasit  berikan garam dan larutan Methylene Blue masing-masing 5 ppm. Untuk pengobatan gunakan antibiotik dan garam masing-masing 10 ppm. Cara lain, naikkan suhu air sampai 29-32oC dengan heater.
    
Nafsu makan ditingkatkan dengan mengganti air sebanyak 30-40% setiap 2 hari. Kombinasikan dengan memberi pakan hidup seperti cacing sutra, cacing darah, dan jentik nyamuk.
 
Kualitas air yang dibutuhkan: suhu 22-27 C; pH 6,5-7,2; CaCO3 terlarut 7-10 ppm; oksigen terlarut 10-15 ppm; dan kandungan logam berat

LihatTutupKomentar